WELCOME IN OUR ACCOUNTING GROUP kelompok akuntansi: November 2011

Laman

About Me

Foto saya
kami dari kelompok 3 masaliful ahyar erma retta simajuntak weny anggraini tabitha suryani husyin tasyrik

Sabtu, 05 November 2011

pertemuan ke 6(membuat jurnal dengan excel menggunakan rumus

pertemuan kelima plus kuis

1. peranan SIA dalam organisasi perusahaan pemakaian SIA dibagi dalam 2 kelompok
@kelompok internal
@kelompok eksternal

2. Alur SIA di bagi menjadi 2 bagian
  1. daur operasional
    #pendapatan
    #pengeluaran
    #produksi
    #keuangan
  2. daur penyusunan laporan

    3. formulir dokumen
    @ peranan formulir dalam SIA
    @efisiensi perancangan dan penggunaan
    @kebutuhan formulir dalam perusahaan
    @alasan kebutuhan formulir
    @faktor-faktor yang mempengaruhi desain
    @prinsip dasar pembuatan formulir

    daur dan subsistem merupakan dalam sistem ada sistem

    transaksi penggerak dalam SIA karna transaksi input kalau ga ada input maka ga ada proses dan output


    peranan formulir dalam SIA
    1. menetapkan tanggung jawab kegiatan ntuk memulai, mencatat, atau menyelesaikan transaksi
    2. mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pencatatan
    3. mengirim data dari satu pihak ke pihak lain
    4. merekan transaksi atau meminta dilakukannya kegiatan

      efisiensi perancangan dan penggunaan formulir dokumen

      • kurangi jumlah pembuatan dokumen asli
      • menggunakan lembar duplikasi
      • menghindari duplikasi dalam pengelompokan data
      • desain formulir harus sederhana
      • upayakan agar desain formulir memudahkan dalam pencatatan
      • dalam desain formulir usahakan terkandung unsur internal chek
      • upayakan agar formulir dapat dimanfaatkan untuk keperluanlaporan statistik
      • upayakan agar desain formulir memudahkan proses audit eksternal

pertemuan ke 4

latihan membuat jurnal umum dan buku besar secara manual

pertemuan ketiga(latihan dan tugas analisa)

pertemuan kedua

aplikasi-akuntansi

pertemuan kedua

1. komputerisasi proses akuntansi
2. mencatat transaksi dalam sistem komputer
3. pertimbangan penggunaan komputer
4. analisa dengan studi kelayakan

  1. melihat karakteristik komputer dan karakteristik proses akuntansi,dapat disimpulkan bahwa ada bagian dari proses pencatatan yang fungsinya dapat diganti dengan komputer dengan kata lain proses tersebut sifatnya adalah penambahan,pembandingan,penyortiran, dan peringkasa dengan cara tertentu yang sudah jelas.
    pekerjaan yang demikian biasanya jadi objek komputerisasi. untuk dapat menjalankan program dan melakukan pemasukan dataoperator yang di otorisasi untuk itu diberikan diberikan pasword agar dapat membuka file akuntansi dan melakukan pencatatan transaksi tertentu. komunikasi dengan komputer dilakukan dengan terminal
  2. program komputer untuk akuntansi bisanya dirancang dengan cermat sehingga operator yang melakukan pencatatan transaksi dapat melaksanakannya dengan mudah. setiap langkah yang dikerjakan dalam siklus akuntansi seperti penjurnalan, pengakuan, dan penyusunan, daftar saldo dapat dilakukan dengan mengikuti instruksi yang langsung dapat dilihat dari layar monitor dalam bentuk menu.
  3. pertimbangan utama penggunaan komputer adalah cons and bonevit.
    penggunaan komputer merupakan sebuah investasi besar bagi sebuah organisasi. bukan hanyalah biaya investasi tetapi waktu, tenaga dan sumber daya yang di alokasikan. untuk hal ini tidak sedikit cost bukan hanya berarti biaya yang dikeluarkan, waktu, tenaga, sumber daya yang lain haruslah diperhatikan dalam komputer. perusahaan harus tau benar manfaat yang digunakannya komputer dan harus yakin bahwa yang di proses oleh komputer adalah data-data yang benar-benar di perlukan dalam rangka menghasilkan informasi untuk kepentingan perusahaan. yang lebih penting adalah informasi apa yang harus di proses bukan bagaimana memprosesnya kalau yang dimasukkan dalam komputer adalah data yang tidak mempunyai kualitas informasi, keluaran komputer juga merupakan data yang tidak bermanfaat betapapun rapi dan indahnya hasil cetyakannya.
  4. analisa sistem study kelayakan

    ukuran yang dipakai

    1. aspek teknologi
    pertimbangan
    apakah sistem dapat dikembangkan dan di operasikan dengan teknologi yang tersedia?

    2. aspek ekonomi
    pertimbangan
    apakah manfaat sistem lebih lancar dari pada biaya yang dikeluarkan

    3. aspek non ekonomi
    pertimbangan
    apakah keuntungan yang diusulkan memiliki keuntungan yang tak dapat diukur dengan uang?

    4. aspek organisasi
    pertimbangan
    apakah sistem yang diusulkan cocok dengan budaya organisasi?

    5. aspek jadwal
    mungkinkah menerapkan sistem tersebut sesuai jadwal yang telah diterapkan

    6. aspek kendala hukum dan etika
    apakah sistem yang diusulkan tidak bertentangan dengan hukum atau etika?

    @ spesifikasi kebutuhan
    1. keluaran
    2.masukan
    3. lingkup proses
    4. volume data
    5.jumlah pemakai dan kategori pemakai
    6. kontrol terhadap sistem

Kamis, 03 November 2011

pertemuan pertama

akuntansi adalah proses mengorganisir klasifikasi dan pengelompokkan transaksi-transaksiekonomi hingga menjadi laporan keuangan.,

sistem komputer adalah suatu perangkat pengkoordisasian data , material, equipment, suplier, personal,,fund dan investasi untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entititas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan

nilai suatu informasi merupakan selisih antara keuntungan yang di dapat dari pemakaian informasi dengan biaya untuk menghasilkannya

Postingan Populer