WELCOME IN OUR ACCOUNTING GROUP kelompok akuntansi: pertemuan ke sembilan

Laman

About Me

Foto saya
kami dari kelompok 3 masaliful ahyar erma retta simajuntak weny anggraini tabitha suryani husyin tasyrik

Rabu, 07 Desember 2011

pertemuan ke sembilan

persentase kasus EDP

dengan soal kasus


Soal Kasus : Electronic Data Processing (EDP)
The With-It Company, sebuah perusahaan penyedia pelayanan internet, menggunakan pemrosesan on-line dan direct untuk system aplikasi pembayaran pelanggan. Terminal masukan data di departemen kasir memungkinkan secara langsung data pembayaran pelanggan komputer ke dalam system computer untuk pemrosesan.
Semua pembayaran pelanggan dikirimkan dari ruang pengiriman ke kantor kasir untuk pemrosesan. Para klerk yang bekerja di bawah pengawasan penyelia pembayaran pelanggan, membuka pembayaran pelanggan untuk meyakinkan bahwa nota pengiriman uang dan cek telah lengkap. Jika salah satunya hilang, pembayaran tersebut dikelompokkan kemudian dikirim ke kepala kasir untuk direkonsiliasikan. Pembayaran yang telah lengkap nota pengiriman uang dan ceknya dikelompokkan dalam batch yang berisi kira-kira 50 batch pembayaran. Penyelia pembayaran pelanggan melampirkan formulir pengendalian batch untuk setiap batch dan memberikan batch tersebut ke operator masukan data untuk diproses.
Para operator memasukkan data ke system computer dengan password masing-masing. Para operator memasukkan nomor rekening pelanggan dari nota pengiriman uang. Jika nomor rekening telah dipadankan, operator dapat mengetikkan informasi lain ke dalam system ---sistem nomor cek dan jumlah pembayaran --- sesuai kebutuhan. Data ini di ambil secara langsung dari cek pelanggan. Dalam seluruh kasus dimana masukan tidak memungkinkan , nota pengiriman uang dan pembayaran pelanggan di kembalikan ke penyelia pembayaran pelanggan untuk ditindaklanjuti.
Setelah masing-masing batch pembayaran dimasukkan, operator mengakhiri sesi pekerjaan dengan perintah tertentu. Sistem kemudian menyajikan laporan ikhtisar aktivitas terminal di layar monitor. Operator mencatat ulang jumlah pembayaran yang tertera di laporan ikhtisar ke dalam formulir pengendalian batch dan kemudian mengembalikan batch tersebut kepada penyelia. Penyelia menyimpan hasil total kumulatif pembayaran yang diberikan oleh operator; setiap batch dikembalikan, total jumlah pembayaran yang nampak pada formulir pengendalian ditambahkan ke total berjalan. Pada setiap akhir shift, penyelia pembayaran pelanggan menyajikan laporan pembayaran yang telah diterima (3 rangkap). Semua pembayaran pelanggan dan 2 rangkap laporan pembayaran yang telah diterima dikirimkan ke kepala kasir untuk verifikasi dan setoran. Nota pengiriman uang pelanggan, secara batch, diarsip bersama-sama dengan laporan pembayaran yang telah diterima, berdasarkan tanggal.
Perintah :
1. Lakukan analisa terhadap penerapan EDP di With-It Company, kekurangan serta kelebihan system !
2. Berikan saran perbaikan untuk mengatasi masing-masing kelemahan yang anda paparkan diatas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer